Ketahui Usia Ideal untuk Mengenalkan Gadget Pada Anak-anak


Saat ini Anak-anak sudah semakin melek teknologi, dengan semakin maju dan berkembangnya zaman, kebiasaan-kebiasaan pun sudah mulai berubah secara perlahan. Bagaimana tidak, sudah bukan hal yang luar biasa apabila ada anak yang bisa mengoperasikan smartphone atau ada anak yang memang dibekali orang tuanya dengan sebuah gadget seperti tablet dan sebagainya.

Hal ini tentu saja memiliki sisi positif dan sisi negatif bagi anak, apabila dilihat dari sisi positif bisa saja menjadikan anak semakin cerdas dalam memanfaatkan teknologi, namun sebaliknya dapat juga menyebabkan anak mendapatkan dampak negatifnya, seperti kecanduan game yang mereka mainkan di gadget tersebut atau memfungsikan gadget mereka untuk hal-hal negatif lainnya. Jika terjadi kondisi yang seperti ini, orang tualah yang perlu memperhatikan, umur berapa sebaiknya seorang anak itu boleh dibekali dengan gadget.

Sebuah penelitian terbaru dari Cashinyourgadgets.co.uk dan seperti yang dikutip melalui FemaleFirst, adalah sebuah situs Cashinyourgadgets.co.uk, yang menyediakan layanan jual gadget (membeli gadget lama para pengguna), mereka menemukan bahwa 13 persen orangtua membelikan sebauh gadget pertama untuk anak yang berumur di bawah 10 tahun, dan 45 persen orangtua membelikan anak gadget ketika mereka berumur 13 tahun ke atas.

“Anak-anak semakin cerdas dengan gadget, menginginkan yang terbaik dalam rangka untuk bersaing dengan teman-teman mereka di taman bermain dan di sekolah”. Akibatnya, bisa di pastikan sebuah rumah tangga memiliki gadget yang tidak terpakai. Seperempat keluarga lainnya memiliki setidaknya dua ponsel tua yang rusak dan delapan persen memiliki empat buah ponsel atau lebih,” ujar Ashley Payne dari Cashinyourgadgets.co.uk.

Lalu usia berapakah sebaiknya orangtua memberikan anak mereka gadget pertama?

Jawaban yang paling populer dari pertanyyan tersebut adalah, 35 persen mengatakan di atas 13 tahun, seperempatnya memilih untuk memberikannya pada usia antara 10 -13 tahun, dan lebih dari 13 persen lainnya memilih memberikan gadget ke anak di usia enam tahun.

Katy Hayden, dari lembaga pengasuh anak Childcare Expert, mengatakan bahwa waktu terbaik untuk membeli ponsel atau gadget pertama untuk anak tergantung pada setiap individu.

Namun, diketahui bahwa anak-anak pada usia 11 tahun akan selalu menginginkan gadget teknologi terbaru, kemungkinan besar hal itu di karenakan mereka melihat anak-anak yang lebih dewasa dengan iPhone dan iPad, dan ingin menjadi seperti mereka.

Sebelum memberikan anak sebuah gadget, sebaiknya orang tua mendiskusikan hal ini dahulu dengan anak tersebut tentang alasan mereka menginginkan gadget sekelas tablet. Mungkin tak ada salahnya apabila ada sebagian orang tua yang membekali anaknya dengan ponsel murah yang hanya berfungsi untuk telfon dan sms saja. Terlebih untuk penggunaan sesekali atau ketika keadaan darurat. Namun jangan lupa pula bagi para orang tua untuk mempertimbangkan agar tidak memberikan tablet dan smartphone pada anak dikarenakan ganasnya dunia maya. Karena apabila anak dibekali dengan smartphone atau tablet, tentu saja mereka dapat dengan leluasa surfing di internet tanpa arahan dari orang tua.

Tak ada salahnya apabila memang ada orang tua yang memberikan tablet atau smartphone pada anak mereka, selama orang tua tersebut juga masih bisa bertanggung jawab dengan memberikan arahan dan mendampingi anak tersebut dalam pengoperasiannya, agar anak terhindar dari efek negatif internet, kecanduan game pada gadget dan sebagainya.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s