Richard Stallman: “Ubuntu Adalah Spyware!”


Jika kamu pengguna Linux, pasti sudah tidak asing lagi dengan Ubuntu. Distro Linux terpopuler ini memang banyak digunakan karena fitur, kemudahan, dan dukungan berbagai aplikasi didalamnya.

Namun ada pernyataan yang mengagetkan dari Presiden Free Software Foundation, Richard Stallman. Stallman mengganggap bahwa Ubuntu adalah Spyware!

Melalui tulisannya, Stallman menjuluki Ubuntu dengan sebutan Spyware. Hal ini dilatarbelakangi oleh fitur Shopping Lens terbaru di Ubuntu 12.10 yang melakukan tracking query pencarian di Dash.

Saat pengguna Ubuntu 12.10 mengetikkan query pencarian, query tersebut akan terkirim ke server Canonical. Query tersebut digunakan untuk memunculkan produk Amazon yang sesuai dengan kata kunci pencarian tersebut. Jika pengguna Ubuntu 12.10 membeli produk amazon melalui Dash, maka Canonical akan dapat sedikit komisi dari Amazon.

Dikirimnya query pencarian tersebut ke server Canonical dianggap Stallman sebagai kegiatan memata-matai, sama seperti yang biasa dilakukan oleh Spyware.

Untuk itu Stallman menghimbau kepada siapapun agar tidak mempromosikan atau menyarankan orang lain untuk menggunakan Ubuntu. Bahkan ia meminta siapapun untuk mengingatkan orang lain agar menjauhi Ubuntu karena telah melakukan tindakan memata-matai penggunanya.

Tanggapan Canonical?

Canonical menjelaskan bahwa data yang diambil dari pengguna adalah data anonymous. Artinya, Ubuntu hanya mengirimkan query pencarian saja tanpa disertai identitas pengguna. Canonical hanya mengambil data yang digunakan untuk memberikan manfaat lebih terhadap pengguna melalui fitur pencarian tersebut.

Selain itu, fitur ini dibuat sebagai cikal bakal dari fitur pencarian yang lebih luas. Nantinya, di fitur pencarian Ubuntu 13.04 akan diberikan juga hasil pencarian dari berbagai sumber seperti YouTube, Last.fm, Amazon, dll. Pengguna bisa dengan mudah dan bebas mengaktifkan layanan mana saja yang akan dimasukkan ke fitur pencarian.

Tanggapan kami?

Kami menanggapi hal ini dengan lebih santai dan terbuka. Kami tidak membenarkan atau menyalahkan Ubuntu atas fitur pencarian barunya ini. Sebagai pengembang Ubuntu, Canonical bebas memasukkan dan mengembangkan fitur apapun di Ubuntu, termasuk juga menyertakan iklan Amazon didalamnya. Mengembangkan sistem operasi memang memerlukan biaya yang besar, dan tidak begitu mengherankan jika Canonical berupaya mencari tambahan pendapatan dari donasi maupun komisi affilasi Amazon tersebut.

Lagipula, Ubuntu juga sudah dilengkapi dengan setting On/Off terhadap fitur tersebut. Jadi jika ada pengguna yang tidak suka dengan fitur ini, pengguna bisa langsung mematikannya dengan mudah. Selain itu pengguna juga bisa menguninstall Shopping Lens jika mau. Kamu bisa membaca cara menguninstall Shopping Lens yang sudah PG berikan sebelumnya.

Tanggapan Kamu?

Bagaimana tanggapan kamu mengenai pendapat Stallman tentang Ubuntu ini? Apakah kamu setuju jika Ubuntu disebut sebagai Spyware? Apakah hal ini membuat kamu beralih dari Ubuntu ke distro Linux lainnya? Bagikan tanggapan kamu melalui komentar dibawah ini.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s