Tips Menjaga Baterai Smartphone Tetap Awet


Beberapa waktu yang lalu sudah dibahas tips tentang menjaga agar baterai laptop tetap awet. Kali ini kita beralih ke Smartphone. Perangkat yang satu ini, baik bersistem operasi Android, BB, Symbian, ataupun iOS, patut kita jaga agar tetap bisa menemani kita hingga beberapa tahun mendatang. Apalagi bila kamu sudah terlanjur jatuh cinta pada smartphone pilihan kamu sehingga tidak ingin perangkat lain lagi untuk menggantikannya.

Berikut ini tips menjaga keawetan baterai smartphone kamu agar selain tahan lama, juga akan tetap mendistribusikan tenaga dengan cukup baik ke dalam smartphone favorit kamu.

1. Jagalah smartphone kamu dari cahaya matahari

Salah satu tips terpenting untuk menjaga keawetan baterai smartphone kamu adalah dengan menghindarkan smartphone kamu dari paparan sinar matahari langsung atau ditinggal di dashboard yang panas di mobil. Lingkungan yang panas mungkin tidak akan hanya menyebabkan daya baterai berkurang, akan tetapi juga memperpendek usianya.

2. Install Sistem Operasi (OS) terbaru

OS smartphone kamu, baik dari iOS, Android, RIM atau Windows Phone adalah salah satu kunci utama kinerja baterai. Jika ponsel kamu menjalankan versi lama yang berisi banyak bug, maka ini akan menyebabkan baterai mengering dengan cepat, bahkan bila tidak digunakan. Jadi, harap kamu selalu meng-update versi terbaru OS yang cocok di smartphone kamu untuk menghindari bugs.

3. Turunkan kecerahan (Brightness) pada layar

Masuk akal memang bila umur baterai bisa ditambah dengan menurunkan kadar kecerahan layar. Tergantung pada situasi pencahayaan, jika tingkat kecerahan (Brightness) di-set terlalu rendah atau terlalu tinggi, ini akan menyakitkan mata. Cara terbaik adalah menyalakan fitur Auto-Brightess yang akan bermanfaat untuk mengubah pencahayaan sesuai dengan lingkungan dimana mata kamu akan nyaman dalam melihat tampilan di layar smartphone kamu.

4. Menggunakan Ringtone, alih-alih Vibrasi

Kecuali kamu tengah di gedung bioskop, Perpus, atau tempat tenang lainnya, akan lebih baik untuk memanfaatkan Ringtone sebagai notifikasi pesan ataupun panggilan. ini karena vibrasi atau getaran ponsel memakan lebih banyak tenaga baterai daripada menyalakan ringtone.

5. Disable Notifikasi Aplikasi

Cara efektif lain untuk mempertahankan usia baterai adalah mematikan notifikasi aplikasi. Aplikasi seperti instant messaging (IM) telah tergantung atas notifikasi segera yang mana menjadikan baterai kamu memanas dengan cepat. Untuk menghemat baterai, kunjungi Notification Center untuk mematikan berbagai notifikasi berbagai aplikasi yang berjalan secara background tersebut.

6. Matikan fitur Push New Data

Jika kamu tidak perlu memeriksa email kamu secara reguler dari akun seperti Gmail, Yahoo! atau Hotmail, lebih baik kamu men-disable fitur Push untuk menghemat baterai. Bila Push sudah dimatikan, maka semua pesan kamu akan diterima pada bagian Fetch New Data tergantung dari seberapa sering kamu memeriksa email. Biasanya singkat kok. hanya 15 menit, 30 menit, sejam atau mungkin lebih.

7. Set Fetch New Data secara manual atau lebih sering

Serupa dengan Push, Fetch New Datamenjadi alasan utama kenapa baterai kamu kehabisan energi dengan cepat. Akun email dan aplikasi kamu mungkin menyesuaikan datangnya data berkelanjutan tiap 15 menit ke dalam akun smartphone kamu. Untuk menghemat daya baterai, sesuaikan sekarang atau mungkin kamu perlu mengubah settingnya hingga penyesuaian data dilakukan secara manual sesuai dengan keinginan kamu.

8. Matikan Fitur Location Services

Location Services adalah fitur lain yang bisa berpengaruh pada kinerja smartphone kamu. peta dan kompas adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan secara aktif. Jika kamu tidak sering menggunakan aplikasi tersebut, maka matikan Location Services untuk menghemat umur baterai kamu.

9. Matikan Jaringan 3G/4G, WiFi dan Bluetooth Bila Tidak digunakan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat baterai adalah mematikan jaringan 3G/4G, bila Bluetooth dan koneksi WiFi ketika tak lagi memerlukannya. Bila penerimaan sinyal jelek dan koneksi tengah aktif, maka baterai kamu akan cepat habis. ini karena ponsel berupaya terus mencari koneksi yang bagus dan ini membuang-buang tenaga!

10. Tutup Apps yang tak digunakan

Beberapa orang senang membuka banyak app di waktu yang sama dan tidak pernah menutupnya. Ini merupakan kebiasaan buruk karena app yang berjalan secara background akan menjadikan baterai yang mendukung berjalannya aplikasi tersebut ikut terkuras habis!

11. Auto Lock Ponsel Kamu!

Akan lebih baik melakukan auto-lock sehingga bila ponsel tidak kamu gunakan, maka ia akan berada dalam posisi stand-by secara otomatis. Kamu sendiri bisa mengatur intervalnya (1 menit, 2 menit, 5 menit).

12. Nyalakan Airplane Mode di Wilayah tanpa sinyal

Akan baik untuk masuk ke Airplane mode bila kamu tidak mendapat sinyal, karena smartphone kamu akan terus berupaya terhubung dengan jaringan seluler (provider) lain dan ini tentu saja memakan banyak daya baterai!

13. Charge Baterai dengan Teratur

Kebanyakan smartphone menggunakan baterai berjenis Lithium-ion yang mudah dicharge-ulang. untuk memperpanjang daya baterai, maka kamu perlu melakukan charge secara reguler apapun jenis baterai kamu. Dalam artian, kamu harus menentukan waktu tertentu, misalnya pagi hari untuk melakukan charge, meskipun mungkin baterai kamu masih belum habis. ini akan membantu elektron dalam baterai Lithium-ion bergerak ke sekeliling sehingga menunjang kesehatan baterai kamu.

Demikianlah tips-tips untuk menjaga agar baterai smartphone kamu tetap awet. Bagaimanapun juga, perangkat yang telah menunjang kinerja kita patut untuk mendapatkan penghargaan tersendiri, yaitu dengan cara merawatnya dengan baik. Merawat baterai adalah salah satunya, dan upaya ini akan memastikan kinerja kamu terjaga karena memiliki perangkat smartphone yang terawat baik dan selalu siap untuk digunakan.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s