LibreOffice 4.0 Telah Dirilis, Apa yang Baru?


Bagi kamu pecinta open source, pasti sudah tidak asing lagi dengan LibreOffice. Software alternatif Microsoft Office ini memang telah menjadi software office gratis terpopuler saat ini. Hal ini tidaklah mengherankan, selain karena fiturnya yang lengkap, pengembangan LibreOffice juga rajin dilakukan melalui berbagai update yang dirilis secara rutin.

Beberapa hari yang lalu LibreOffice 4.0 telah dirilis. Ada hampir 1500 baris coding yang diubah di versi terbaru ini.

Lalu apa saja fitur barunya?

1. Import dokumen Microsoft Visio dan Publisher

Kini kamu bisa membuka berbagai dokumen Microsoft Visio maupun Microsoft Publisher. LibreOffice 4.0 mendukung semua format Visio mulai dari Visio 1 yang dirilis tahun 1992 hingga Visio 2013.

2. Menambahkan Komentar dan Anotasi di Dokumen

Kini kamu bisa memilih teks dan memberikan komentar atau anotasi didalamnya. Fitur ini sangat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan catatan penting pada setiap dokumen yang sedang kamu kerjakan.

3. Aplikasi Remote Control untuk Presentasi

LibreOffice Impress 4.0 (alternatif Microsoft PowerPoint) kini telah memiliki aplikasi remote control untuk Android, yaitu LibreOffice Impress Remote. Dengan menginstall aplikasi ini di smartphone Android, kamu bisa menggunakannya untuk mengendalikan LibreOffice Impress saat presentasi, misalnya saja mengendalikan slide preview, speaker notes, dsb.

Download Aplikasi LibreOffice Impress Remote untuk Android

4. Ganti Tampilan dengan Firefox Personas

Firefox Personas merupakan semacam themes (tema) untuk browser Mozilla Firefox yang bisa mengubah tampilan Mozilla Firefox. LibreOffice 4.0 sekarang telah mendukung personas, dalam artian..kamu bisa mengubah tema atau tampilannya dengan berbagai macam Personas yang tersedia secara gratis.

Download FIrefox Personas

5. Berkolaborasi melalui CMIS Protocol

Bagi kamu yang memiliki tim jarak jauh, kamu bisa berkolaborasi untuk mengerjakan suatu dokumen secara online. LibreOffice 4.0 kini telah terintegrasi dengan Content Management System dan Online Document Storage via CMIS. Lebih jelasnya tentang fitur ini, bisa kamu lihat melalui video berikut:

Itu dia 5 fitur utama di LibreOffice 4.0. Masih ada banyak fitur baru dan perbaikan lainnya. Kamu bisa membaca selengkapnya disini:
https://www.libreoffice.org/download/4-0-new-features-and-fixes

Linux Ubuntu sudah terintegrasi dengan LibreOffice didalamnya. Bagi yang belum mencoba LibreOffice, bisa langsung download disini secara gratis:

Kamu bisa menginstall LibreOffice 4.0 di Linux, Mac, maupun Windows. Bagi yang masih bingung cara menggunakannya, tidak perlu khawatir. Panduan LibreOffice bisa didownload secara gratis kog.🙂
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s