10 Manfaat Kamera Smartphone dalam Kehidupan Sehari-hari


Kalau kita menyebut kata kamera HaPe, apa yang terbayang di benakmu? Mungkin sebagian besar dari kamu akan membayangkan ABeGe-ABeGe menghadap cermin memonyong-monyongkan mulut atau sekelompok remaja dengan pose semrawut berupaya mencuri perhatian ketika seseorang memotret dengan kamera ponsel?

Yup. Sayangnya memang imej seperti itu yang ada di bayangan kita. Padahal sebenarnya, dengan semakin menjamurnya smartphone, yang mana penggunaannya juga semakin terasa umum dan biasa, kamera smartphone dengan aneka fiturnya bisa dimanfaatkan untuk mempermudah aktivitas kamu dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu kali ini kita akan membahas manfaat kamera smartphone dalam kehidupan sehari-hari sekedar wawasan bagi kamu untuk semakin kreatif memanfaatkan teknologi yang telah mempermudah kehidupan kita ini.

Disini kita akan mengesampingkan manfaat kamera smartphone untuk fotografi (ada sebuah klub khusus untuk penggemar fotografi dengan kamera smartphone), termasuk manfaat kreatif teman-teman mahasiswa yang menggunakan kamera smartphone guna memotret cewek-cewek manis di Hugos, kita juga tidak akan membahas aplikasi berafiliasi kamera seperti QR Code, scanner, dan beberapa aplikasi lain yang memerlukan kamera smartphone. Kita hanya berfokus pada penggunaan kreatif kamera secara umum yaa

1. Mengamati Perkembangan Anak

Beruntunglah orang tua era milenium yang di zaman digital ini tidak kesulitan untuk mengabadikan foto anak-anaknya di sembarang waktu. Ketika saya masih anak-anak, kamera yang populer masih menggunakan film yang harus dicuci cetak sebelum mengetahui hasilnya. Karena bukan digital, fotografi benar-benar mengandalkan skill.

Ketika ponsel semakin murah, dan disusul oleh smartphone yang semakin murah sejak 2010, kamera bisa digunakan dengan mudah untuk menangkap momen-momen ceria anak yang nantinya bisa mereka jadikan kenangan saat dewasa nanti. Kalau kamu adalah orang tua muda atau punya adik yang masih balita, jangan lupa membawa smartphone kesayangan kemana-mana untuk memfoto tingkah polah si anak.

2. Bongkar Pasang Onderdil?

Dulu teman-teman yang hobi bongkar pasang perangkat elektronik dan mekanis (misalnya motor) suka mengaku sebagai Jago bongkar tapi bukan jago pasang.

Memang membongkar peralatan elektronik atau mekanis terkadang nantinya menjadikan kita bingung, apalagi bila sudah melibatkan perkakas kecil kecil seperti sekrup mini dan sebagainya.

Tapi sekarang kamu tidak perlu bingung lagi. Tiap kali membongkar sesuatu, potret apa saja yang kamu lepaskan di setiap langkah. Jadi, ketika memasangkannya kembali, kamu tinggal melihat urutan foto yang kamu jepret secara terbalik. Ini juga bisa menghindarkan kamu dari terlupa memasang komponen tertentu, utamanya bila yang kamu bongkar adalah peralatan elektronis seperti televisi, radio, komputer atau bahkan smartphone

3. Menyiapkan Barang Bukti Bila Terlambat

“Sayang, kamu sudah sampai dimana sih? Udah telat tiga jam nih!”

Maaf Yang. Ini jalan macet betul! Ada konvoi Arema! Mercy-ku gak bisa gerak sama sekali!

Kamera ponsel kamu bisa kamu jadikan andalan untuk membuktikan situasi yang kamu alami. Terkadang pacar kamu susah menerima alasan bahwa kamu benar-benar terlambat akibat situasi tertentu di jalan. Ini bisa dijadikan bukti bahwa keterlambatan itu bukanlah kamu sengaja, dan tentu saja hubungan kamu nantinya bisa lebih langgeng. Hmmm

4. Komputerku Kenapa Nih

Kalau terjadi masalah dengan PC, memang mengirimkan screenshot kepada teman yang lebih ahli akan menjadikannya lebih mudah menganalisis kondisi komputer kamu. Misalnya blue screen atau crash program. Tapi terkadang kondisi komputer tidak memungkinkan sama sekali untuk melakukan screenshot. Bagaimana kamu melakukan screenshot terhadap bluescreen? Hayooo

Nah, disaat seperti inilah kamera smartphone menjadi penyelamat kamu. Kamu bisa memfoto tampilan layar monitor kamu, lalu menanyakan kepada teman kamu yang lebih ahli agar dia bisa melakukan diagnosa dengan lebih akurat akan kondisi komputer kamu.

5. Tempat ini Dulunya Gak Begini

Ada baiknya kamu mengambil gambar tempat-tempat ternama di daerah kamu, karena mungkin sepuluh tahun lagi, kamu bisa bercerita penuh nostalgia sembari berkata: Tempat ini dulu gak begini loh Dulu masih hijau dan asri

Bahkan mungkin foto yang kamu ambil bisa jadi akan sangat berharga, karena siapa tahu suatu hari ada bangunan bersejarah yang pernah kamu ambil fotonya lalu roboh karena bencana alam atau alasan lain. Maka kamu akan memiliki memorabilia terhadap tempat-tempat favorit kamu.

6. Disini Lebih Murah Looh

Khusus buat kamu yang hobi belanja belanji Dengan kamera smartphone, kamu lebih mudah saling membandingkan harga dan diskon dari toko yang satu ke toko lainnya, bahkan dalam obrolan bersama teman-teman.

Misalnya saja teman kamu menyarankan agar belanja di Matahari Pasar Besar karena sedang ada diskon 50% Wow! Tapi kamu tak kalah! Dengan memamerkan foto dari kamera smartphone kamu, kamu bisa menunjukkan bahwa Ramayana tengah mengadakan diskon 95%! (Ngimpiiii!!)

7. Itu Nomor Telepon Dicatat Dimana Yaa?.

Kamu berniat membeli rumah? Daripada berkeliling membawa notes dan mencatat nomor telepon rumah yang dijual satu per satu, akan lebih efektif bila kamu langsung saja memfoto rumah beserta spanduk atau kertas bertulis nomor telepon yang biasanya ada di depan rumah yang tengah dijual.

Kamera smartphone kamu bisa dimanfaatkan dengan praktis. Selain mendapatkan gambar rumahnya yang bisa kamu amati lagi dan kamu pertimbangkan di rumah, kamu juga bisa melihat nomor telepon yang dicantumkan, siapa tahu kamu berniat menghubungi pemilik rumah untuk menanyakan harga serta syarat dan ketentuan membeli rumahnya.

8. Waktu Ngirimnya Gak Kayak Gitu Kok

Apakah kamu terlibat bisnis online? Sering mengirim barang kepada pelanggan? Pastikan bahwa kamu memotret paket-paket yang kamu kirimkan tersebut. Pertama, hal ini akan memuaskan konsumen karena kamu memberi kabar kepada mereka tentang barang yang mereka pesan. Selain itu, ini juga bisa menjadi landasan kamu untuk melakukan klaim bila paket barang tampak dalam kondisi rusak.

Akhir-akhir ini sering terjadi kasus dimana barang yang dikirimkan biasanya digeledah oleh biro jasa pengirim. Jangan sampai hal ini terjadi pada kamu. Pastikan keamanan barang kamu. Selain bisnis lancar, kamu juga bisa menjaga hubungan baik kamu dengan pelanggan.

9. Oh, yang Itu Gak Boleh Dipinjam Yaa

Kalau kamu mahasiswa, ketika mencari referensi untuk makalah atau skripsi, kamu terkadang terbentur oleh aturan tidak boleh membawa pulang buku berkode tertentu, padahal itulah referensi yang kamu incar!

Sekarang, kamu tak perlu bingung lagi! Kamu tinggal memotret halaman-halaman yang kamu butuhkan sebagai referensi dari buku sumber tersebut. Meskipun beberapa perpustakaan melarang hal ini sih Hehe

10. Nak Apa yang Baru Saja Kamu Makan?

Anak-anak punya kebiasaan memasukkan benda-benda kecil ke mulut, hidung, bahkan telinga. Kalau sudah begini, ketika mengetahui adik kecil atau anak kamu menangis, maka kamu kebingungan akan apa yang terjadi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, bila kamu terpaksa meninggalkan balita atau bayi ketika kamu ditugasi menjaga mereka (misalnya mendadak ingin ke kamar mandi) kamu bisa memasang kamera video untuk mengawasi anak tersebut. Minimal bila terjadi sesuatu, kamu tahu apa yang sebelumnya terjadi dan bisa melakukan langkah preventif maupun bisa mengatasi masalah agar tidak membahayakan si anak. Ini merupakan salah satu manfaat dari kamera smartphone kamu!

Nah, bila kita mau berpikir kreatif, banyak betul loh manfaat yang bisa kita dapatkan dari kamera smartphone. Oleh karena itu, memiliki smartphone saat ini memang tidak bisa dibilang hanya sekedar gaya-gayaan saja. Kamu harus bisa mengoptimalkan manfaatnya agar tidak percuma bagi kamu mengeluarkan uang untuk membeli perangkat canggih ini. Bila kamu tertarik untuk membeli smartphone, jangan lupa membaca artikel tips memilih smartphone.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s