Jangan Share Hal Berikut ini di Facebook


Facebook merupakan jejaring sosial paling populer di muka bumi saat ini. Namun tetap saja ada beberapa pemanfaatan keliru dari jejaring sosial ini oleh para penggunanya yang berbuntut olok-olok dari pengguna Facebook lainnya. Masih berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kita akan mengulas beberapa hal yang jangan sampai di share di Facebook.

Mengapa demikian? Itu karena hal-hal berikut ini, bila kamu share justru nantinya akan menyusahkan diri kamu sendiri, bahkan ada kemungkinan membahayakan. Hmmm Penasaran? Ikuti saja artikel berikut ini.

Akun kamu untuk kepentingan pribadi atau profesional?

Bila kamu seorang pekerja kantoran atau seorang profesional, tentu saja kamu ingin memberikan kesan yang baik bagi siapapun yang mampir ke laman akun Facebook kamu. Demi menciptakan kesan baik tersebut, tentu saja ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di akun Facebook kamu, misalnya mengumpat atau terlalu berlebihan membahas tema yang dipandang negatif oleh masyarakat umum.

Bagi seorang profesional, hal ini harus diperhitungkan dengan seksama karena akan mempengaruhi citra serta kepercayaan pelanggan terhadap kamu. Lain dengan akun pribadi, kamu bisa cenderung sedikit lebih lepas dalam berekspresi.

Beberapa kantor dan institusi bahkan memiliki kecenderungan memantau perilaku karyawannya lewat Facebook mereka. Sehingga kamu perlu untuk menaruh perhatian khusus terkait dengan hal ini.

Jangan post segala sesuatu tentang kantor di akun pribadi kamu

Gaji belum dibayarkan, boss menyebalkan, teman kerja yang menjengkelkan? Kesemua itu adalah problema kantoran dimana selain bekerja, kita juga dituntut untuk bisa bekerjasama dan bersosialisasi dengan baik. Dalam keadaan semacam ini, kamu harus ingat untuk tidak memposting segala sesuatu tentang kantor kamu di akun kamu. Hal tersebut akan menyusahkan diri kamu sendiri karena selain menjadikan boss kamu kurang kompeten di mata khalayak, kamu sendiri dinilai sebagai karyawan yang kurang memiliki loyalitas.

Besok Wawancara Kerja?

Kenapa memberitahukan wawancara kerja yang akan dilakukan besok merupakan hal yang tidak dianjurkan? Karena kamu bisa menciptakan suasana canggung akibatnya.

Setelah kamu dengan bahagia menuliskan bahwa kamu akan melakukan wawancara kerja, banyak orang memberi semangat dan selamat, bayangkan kalau esoknya kamu gagal. Kamu sendiri akan merasa canggung membalas pesan teman-teman yang menanyakan keberhasilan wawancara kamu, dan teman-teman yang tadinya bertanya juga akan merasa canggung sendiri begitu mengetahui ternyata kamu tak berhasil.

Daripada melemparkan diri ke situasi semacam itu, mending jangan lakukan ini!

Memberi tahu khalayak kamu sendirian di rumah

Terutama bila kamu seorang cewek, jangan sampai menuliskan bahwa kamu tengah sendirian di rumah. Ini akan mengundang kejahatan! Tidak semua orang yang berteman di Facebook adalah benar-benar teman kamu. Kabar kamu sendirian adalah kabar yang menyenangkan bagi para penjahat yang melakukan kejahatan dengan modus mengintai akun Facebook.

Menampilkan Tanggal dan bulan lahir

Informasi yang terlalu detil bisa membahayakan. Mencantumkan informasi yang terlalu detil tentang dirimu memungkinkan orang lain melakukan pencurian identitas, yaitu dengan cara menyamar menjadi diri kamu, lengkap dengan segala informasi yang kamu miliki. Apa gunanya?

Dengan menyamar menjadi kamu, ada kemungkinan mereka akan mengambil keuntungan dari orang-orang yang dekat dengan kamu. Misalnya, minta uang, minta dikirim pulsa, dan banyak lagi modus kejahatan kreatif yang dilakukan dengan menyamar menjadi diri kamu.

Memberikan info terlalu detil tentang peristiwa yang kamu alami

Meskipun memang menjadi tren mengisahkan situasi yang dialami kepada orang lain, hal ini takutnya akan disalahgunakan. Apalagi bila kamu menceritakan hal yang memalukan di Facebook. Takutnya hal itu nantinya akan menjadi bahan tertawaan di kalangan orang-orang yang kamu kenal.

Kamu harus siap akan resiko semacam ini karena di Facebook, segala yang kamu tuliskan akan dilihat dan diketahui oleh banyak orang!

Waspada Graph Search

Graph Search adalah fitur pencarian Facebook yang bisa melakukan pencarian lebih detil. bahkan Graph Search dilengkapi dengan fitur stalking yang memudahkan orang lain untuk mengetahui aktivitas serta kegiatan yang kamu lakukan. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu perlu memperhatikan hal-hal mana yang perlu kamu share terbatas, dan mana yang terbuka untuk umum. Karena dengan adanya Graph Search, orang bisa dengna mudah memperoleh informasi tentang kamu secara lebih detil.

Demikian hal-hal yang semestinya tidak kamu bagikan di Facebook. Berbagi hal-hal yang disebutkan di atas akan berpotensi menimbulkan kesulitan, rasa malu, bahkan bahaya bagi diri kamu. Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu harus pandai-pandai melakukan filter mengenai apa yang bisa kamu bagikan dan apa yang tidak, dalam kehidupan ini.
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s