Apa Itu Nigerian Scam? Dan Apa Bahayanya?


“Dear Child, I’m Mr. Mobutu Sese Seko, a billionaire.. bla bla bla..”

Pernahkah kamu mendapatkan email dengan kalimat tipikal seperti diatas? Rasanya memang hampir semua dari kita pernah mendapatkannya. Itu adalah tipe spam yang mengarah ke fraud (penipuan). Secara spesifik, tipe email semacam itu disebut dengan Nigerian Scam

Terkadang kita menganggap remeh tipikal spam ini. Saya sempat mendengar beberapa teman mencoba untuk mengikuti alur sebagaimana yang diminta oleh email tersebut – “Siapa tahu memang dapat uang…” – kata mereka. Tapi apakah kamu tahu, sebenarnya Nigerian Scam ini meskipun tampak tidak berbahaya, tapi memiliki kengerian tersendiri yang ketika kamu sadari, maka kamu terlambat dan menderita kerugian!

Maka dari itu, disini kita akan membahas tentang Nigerian Scam ini sebagai bahan pengetahuan bagi sobat sekalian agar tidak terperdaya oleh spam email tersebut.

Apa itu Nigerian Scam?

Nigerian Scam (juga disebut Nigerian 419 scam) merupakan tipe fraud (penipuan) dan merupakan tipe penipuan dalam hal kerahasiaan pribadi yang mana korban ditipu demi keuntungan. Tidak terasa bukan?

Memang banyak varian dari scam ini, termasuk juga penipuan biaya, Nigerian Letter, Fifo’s Fraud, Spanish Prisoner Scam, Black Money Scam, dan banyak lagi. Angka 419 tersebut mengacu pada Pasal dari Hukum Pidana yang terkait dengan penipuan. Scam tersebut biasanya dilakukan dengan fax dan surat tradisional, namun kini digunakan dengan internet.

Alur tipikal dari email tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pengirim surat mengaku sebagai orang kaya yang kesulitan untuk menguangkan kekayaannya (dengan alasan pajak dan sebagainya)

2. Pengirim surat ingin meminta bantuan kita untuk menerima sebagian uangnya guna menghindari pajak di negaranya.

3. Pengirim surat menawarkan kepada kita bagian 10-20% dari jumlah uang yang akan ditransfer kepada kita. Biasanya jumlah tersebut sangat fantastis.

4. Untuk memuluskan niatnya tersebut, pengirim surat meminta nama, identitas, serta nomor rekening kita dengan janji segera mentransfer.
Terlihat tidak berbahaya? Bahkan mungkin menguntungkan karena ceritanya cukup masuk akal? Mari kita simak bahaya dari Nigerian Scam ini.

Pencurian Identitas

Bahaya dari Nigerian Scam yang nampaknya tidak merugikan tersebut adalah, secara tidak sadar kamu akan dituntun untuk memberikan:

Nama bank, telepon, akun, dan nomor fax kamu
Telepon pribadi dan nomor fax – untuk komunikasi yang lebih rahasia dan mudah.
Mungkin juga logo perusahaan kamu dalam sebuah contoh kop surat.

Kesemuanya ini akan digunakan untuk melakukan sebuah pencurian identitas. Dalam artian pengirim surat akan menyamar menjadi kamu untuk mendapatkan keuntungan, misalnya, bertransaksi atas nama kamu atau bahkan mengambil uang dari rekening kamu.

Bagaimana mengatasi Nigerian Scam?

Secara sederhana, langsung saja hindari Nigerian Scam dengan cara memasukkan email semacam itu dalam daftar spam. Tapi pada dasarnya, apabila kamu ingin membuat pengirim scam tersebut kapok, kamu bisa membalasnya dengan ngawur atau membalas satu dua surat, lalu memutusnya dan tidak melanjutkan komunikasi. Sebab komisi pengirim Nigerian Scam tersebut dihitung berdasarkan perbandingan prosentase surat yang dibalas dan hasil yang diperoleh. Bila banyak surat dibalas namun tidak mendapat hasil berupa uang, maka pengirim Nigeria Scam akan mendapatkan penalti dan pemotongan biaya. Hehe…  Tapi memang tampaknya lebih baik kamu langsung memasukkannya ke dalam daftar spam saja.

Semoga penjelasan tersebut dapat menjadikan kamu memahami bahaya dari Nigerian Scam dan berhati-hati bila menerima email semacam itu. Lebih baik kamu tidak usah repot-repot membalasnya dan langsung saja masukkan ke daftar spam. Perhatikan tipikal dari email Nigerian Scam tersebut. Antara lain, berasal dari negara benua Afrika, mengaku orang kaya, dan berjanji mentransfer uang ke rekening kamu…
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s