Jangan Biarkan Smartphone Mengendalikan Hidup Kamu!


Keberadaan smartphone merupakan suatu fenomena unik di bidang teknologi. Teknologi smartphone berkembang pesat sehingga seolah-olah smartphone dengan kualitas terbaik muncul susul menyusul. Mulai dari Apple iPhone yang kini sudah mencapai seri 5 hingga Android dengan produsen-produsen andalannya seperti Samsung yang meluncurkan Samsung Galaxy SIV ataupun Motorolla dengan Droid Razr-nya.

Bagi penggunanya, fenomena smartphone ini menciptakan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Smartphone menjadi sebuah perangkat serba guna yang wajib untuk dimiliki karena kepraktisannya dalam mendukung kehidupan. Bukan saja untuk menelepon atau melakukan kontak dengan orang lain menggunakan berbagai metode. Smartphone saat ini bisa juga digunakan untuk bermain game, mendengarkan musik, menonton video, memotret, menyusun jadwal kegiatan, mencatat hal-hal penting, dan banyak lagi!

Fakta yang disebutkan di atas menunjukkan bahwa memiliki smartphone memang menjadikan kehidupan semakin mudah. Akan tetapi, dibalik semua kemudahan ini, ada bahaya tersembunyi. Itu adalah ketergantungan terhadap smartphone. Ketergantungan tersebut menjadikan kamu cenderung mengakses smartphone kamu nyaris 24 jam sehari, mengubah kamu menjadi sosok yang bersosialisasi hanya dengan smartphone kamu dan kemungkinan melupakan aktivitas lain yang menyenangkan di dunia nyata. Jangan biarkan smartphone mengendalikan hidup kamu!

Berikut ini ciri-ciri situasi dimana smartphone mengendalikan hidup kamu dan bagaimana untuk mengatasinya.

Bermain Jejaring Sosial 24 Jam Sehari

Dengan smartphone, kamu mudah mengakses Facebook, Twitter, Google Plus, atau Instagram. Kesemuanya itu menjadikan kamu susah lepas dari jejaring sosial tersebut dan cenderung mengaksesnya kapan saja kamu ada waktu. lebih parah lagi, bila kamu hanya menghabiskan waktu untuk berganti-ganti bermain jejaring sosial. Selain menghancurkan produktivitas kamu, juga akan merusak hubungan kamu dengan orang-orang yang dekat dengan kamu.

Tips Mengatasinya

Luangkan waktu khusus untuk bermain jejaring sosial dalam sehari. Jangan terlalu lama, mungkin maksimal 1 jam atau 2 jam. Buatlah komitmen bahwa di luar waktu yang dijadwalkan, kamu akan berpantang menyentuh jejaring sosial.

Mengabaikan Dunia Nyata

Smartphone memiliki fasilitas gaming yang mengasyikkan. Kapan saja dan dimana saja, kamu bisa menggunakan smartphone kamu untuk bermain game. Sepintas, ini merupakan aktivitas yang efektif untuk membunuh waktu. Tapi benarkah demikian? Benar! Namun hanya ada satu masalah kecil Yang terbunuh adalah seluruh waktu kamu! Maka dari itu kamu harus mengendalikan kecenderungan kamu untuk bermain game di Smartphone. Jangan sampai kamu mengabaikan dunia nyata akibat game di smartphone, misalnya, menolak Ibu yang menyuruh kamu belanja di warung sebelah karena masih asyik main game!

Tips Mengatasinya

Install hanya satu dua game yang menarik perhatian kamu. Menginstall terlalu banyak game akan memperkecil kemungkinan kamu bosan, karena kamu dengan mudah beralih dari satu game ke game lain. Tetapkan waktu khusus bermain game dan patuhi komitmen kamu!

Mengisi waktu Senggang?

Sering kita jumpai orang-orang di jalan dan di sarana transportasi umum, entah apa yang dilakukan selalu sibuk dengan smartphone mereka. Mungkin memang smartphone merupakan pilihan yang baik dalam mengisi waktu senggang. akan tetapi dengan mengabaikan orang lain, ini akan memicu kamu menjadi seorang antisosial.

Tips Mengatasinya

Lupakan smartphone kamu sejenak. Ajak bicara orang yang dekat dengan kamu. Menjalin komunikasi merupakan keahlian dasar dalam membentuk hubungan. Ini akan melatih keterampilan kamu dalam berhubungan dengan orang lain secara sosial. Timang smartphone kamu bila kamu memang tengah berada di ruangan yang tidak memungkinkan kamu berinteraksi dengan orang lain.

Kecanduan dan Dipengaruhi Smartphone

Orang yang sudah terpengaruh oleh smartphone-nya akan banyak membicarakan segala sesuatu tentang smartphone-nya. Bila berkomunikasi dengan teman, yang dibahas adalah status orang tertentu di jejaring sosial, bertukar foto instagram, atau lebih buruk lagi, menjadi konsumtif dan berusaha terus menerus meningkatkan performa smartphone entah dengan app atau membeli peralatan tertentu yang pada akhirnya tidak membawa kamu kemana-mana.

Tips mengatasinya

Perhatikan kebutuhan kamu. Catat apa saja yang menjadi kebutuhan kamu dari sebuah smartphone. bila semua itu sudah terpenuhi, tidak perlu kalap melakukan pembaruan terus menerus yang justru akan menjadikan kamu dikendalikan oleh smartphone tersebut.

Pelampiasan Frustasi

Apa yang kamu lakukan bila marah pada pacar kamu? Menelepon dan memaki-makinya, menyemburkan kemarahan lewat jejaring sosial? Tahan! Jangan lakukan ini, teman. Bila kamu mengumbar kemarahan lewat jejaring sosial, jutaan orang lain berpotensi menyaksikan kemarahan kamu dan tentu saja hal ini tidak etis, baik untuk kamu sendiri maupun orang dekat yang tengah kamu marahi.

Tips mengatasinya

Bila marah pada orang dekat kamu, temui dia secara langsung, bicaralah empat mata. Jangan menggunakan fitur jejaring sosial di smartphone kamu untuk meledakkan kemarahan kamu. Ini akan lebih efektif dan menunjukkan penghargaan kamu terhadap diri kamu sendiri dan orang lain.

Semuanya Berpusat pada Smartphone ketika Bencana Terjadi

Alarm? Sudah diset di smartphone. Proyek minggu ini? Ada di daftar to do list. Kontak klien? Ada di buku kontak. Seluruh koleksi album Dream Theater kamu? Sudah tersimpan di memori smartphone.

Dalam naungan kedigdayaan tersebut, tiba-tiba smartphone kamu jatuh terpental berputar dua kali di udara lalu kedua kalinya menumbuk tanah akibat tarikan gravitasi Sebuah motor lewat Terlindas ban, smartphone tersebut melompat lebih jauh ke tengah. Nampak Truk Dyna Rino dengan gagah menginjak smartphone kesayangan dengan delapan rodanya yang gagah berwibawa

*amit-amit jabang baby, jangan sampai cerita ini terjadi*

Memusatkan semua hal dan catatan pada smartphone akan mendorong kamu ke jurang keputus asaan bila terjadi sesuatu pada smartphone kamu. Tidak ada yang menginginkan hal buruk terjadi. Namun bila itu tiba, kamu harus siap!

Tips mengatasinya

Rajin backup data smartphone kamu, juga aplikasi-aplikasi unik yang susah untuk ditemukan. Jangan berpusat pada smartphone, gunakan agenda sebagai cadangan. Boleh juga bila kamu memanfaatkan layanan online untuk menyimpan jadwal kegiatan kerja dan proyek kamu.

Demikianlah berbagai ciri yang menunjukkan bahwa kamu sudah kecanduan smartphone beserta aneka tips mengatasinya. Keberadaan teknologi smartphone memang selayaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin. Akan tetapi jangan sampai smartphone mengendalikan hidup kamu! Gunakan saja secara seimbang dan letakkan pada porsinya sebagai pendukung kehidupan kamu!
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s