Cara Menjadi Pengguna Evernote yang Lebih Baik!


Dalam perkembangan dunia teknologi informasi, kreativitas merupakan hal yang tak ternilai harganya. Bila suatu saat kamu mendapatkan suatu ide kreatif, maka jangan lepaskan atau membiarkan ide tersebut hilang! Kamu harus cepat mencatatnya. Karena kita hidup di era teknologi, maka pencatatan kini tak lagi memerlukan selembar kertas. Kita dapat mencatatnya di berbagai perangkat yang kita miliki dengan memanfaatkan Evernote!

Evernote merupakan aplikasi pembuat catatan yang mudah dan praktis. Kamu bisa menggunakannya dimana saja dan kapan saja, serta mensinkronkannya dengan mudah antar perangkat yang kamu miliki, karena Evernote tersedia baik untuk desktop client PC, Android apps, maupun juga aplikasi untuk iPhone dan iPad.

Sebelum ini pernah dibahas tentang 10 ide kreatif memanfaatkan Evernote. Untuk bisa memanfaatkan ide-ide kreatif tersebut, mungkin ada beberapa tool dari Evernote yang perlu kamu ketahui untuk menjadikan kamu seorang pengguna Evernote yang lebih baik!

Manfaatkan Kotak Centang serbaguna

Evernote memudahkan kamu untuk membuat kotak centang yang bermanfaat untuk membuat daftar belanjaan, hal-hal penting yang perlu diperhatikan, serta to-do-list.

Bagaimana membuat kotak centang ini? Sangat sederhana. Pada aplikasi evernote kamu, baik kamu menggunakan Android atau desktop client, lihat pada bagian toolbar. Maka kamu akan mendapati ikon yang memungkinkan kamu untuk membuat kotak centang. Dengan menekan ikon tersebut, maka kamu akan bisa membuat kotak centang untuk nantinya kamu manfaatkan fungsinya.

Gunakan Fitur Creative Saved Search

Terkadang kamu mengalami situasi dimana kamu sering melihat catatan evernote untuk mencari catatan yang sama berulang kali. Kamu bisa menyimpan pencarian kamu untuk dengan mudah mengulanginya kembali. Pertama, buat pencarian. Kemudian, pada desktop client, klik panah drop-down di sebelah kanan tempat pencarian kamu untuk membuka bar pencarian. Bila masih belum tampak juga, klik ikon bergambar kaca pembesar untuk membuka kotak dialog Saved Search. Klik OK untuk menyimpan pencarian. Nah, simpanan pencarian ini akan muncul di panel navigasi sebelah kiri di bawah header Saved Search.

Manfaatkan Tool Pencarian di Evernote untuk Menemukan Dokumen dengan Mudah

Evernote terkenal akan kemudahannya untuk mencari berbagai catatan, bahkan meskipun catatan kamu sudah menumpuk. Perhatikan toolbar di panel tengah bagian atas. Disitu terdapat aneka pencarian dan metode menyusun catatan yang nantinya memudahkan kamu untuk mencari catatan kamu yang lama terpendam. Kuasai tool ini sehingga kamu bisa melakukan pencarian jauh lebih cepat!

Kuasai Shortcut Evernote

Sebagai software desktop client yang tujuannya untuk melakukan pencatatan, seperti halnya kamu memanfaatkan Microsoft Word untuk menulis, akan lebih afdol bila kamu menguasai berbagai shortcut Evernote. Kamu bisa mencatat lebih ringkas, cepat, dan juga mudah. Shortcut Evernote antara lain adalah:

  • Ctrl-Alt-N: Mulai catatan baru (new note). (Pada windows, ini adalah shortcut global yang sering dimanfaatkan untuk membuka dokumen apa saja)
  • Windows-A: Menyalin teks ke lembar yang terbuka
  • F9: Sinkronisasi
  • Ctrl-N: Membuka catatan baru.
  • Ctrl-Shift-N: Notebook baru
  • Ctrl-Shift-T: Tag baru
  • Ctrl-Shift-E: Mengirimkan catatan lewat email.
  • Ctrl-Shift-C: Memasukkan kotak centang.
  • Alt-Shift-D: Insert the current time and date.
  • Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengetahui shortcut evernote dari:

    https://support.evernote.com/ics/support/KBAnswer.asp?questionID=625

    Dengan tips untuk menjadi pengguna Evernote yang lebih baik, kamu bisa memanfaatkan Evernote untuk aneka keperluan baru. Kamu juga bisa melakukan pencarian terhadap berbagai catatan kamu dengan cepat sehingga semakin menekankan fungsi Evernote sebagai sebuah pembuat catatan praktis. Cobalah dan rasakan kepraktisan memanfaatkan Evernote.
    Sumber : pusatgratis

    Tinggalkan Balasan

    Please log in using one of these methods to post your comment:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s