5 Cara Memanfaatkan Jejaring Sosial untuk Produktivitas


Jejaring sosial terkadang melenakan kita semua sehingga menjadikan kita menghabiskan waktu lebih banyak untuk akses jejaring sosial ketimbang bekerja. Ini jadi permasalahan umum di dunia digital saat ini hingga beredar aneka macam tips untuk mengatasi kecanduan jejaring sosial.

Tapi sebenarnya, jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, atau Forum seperti New Kaskus juga memiliki manfaatnya tersendiri untuk meningkatkan produktivitas loh. Apakah kamu penasaran tentang apa manfaat jejaring sosial yang banyak dihujat orang karena sifat adiktifnya ini?

Jejaring sosial dapat membantu kamu untuk meningkatkan kinerja sekaligus juga meningkatkan reputasi kamu di dunia nyata, asalkan kamu memanfaatkannya dengan benar.

Berikut Tips Memanfaatkan Jejaring Sosial

Buatlah Resume diri Kamu secara Online

Menaruh resume kamu secara online merupakan hal yang penting. Karena sekarang banyak orang yang akan memeriksa kredibilitas dan reputasi kamu secara online. Bahkan bila kamu melamar pekerjaan, terkadang perusahaan akan memeriksa data diri kamu melalui akun jejaring sosial kamu loh.

Salah satu layanan yang memungkinkan kamu untuk menyusun resume secara online adalah Enthuse.Me yang pernah direview sebelumnya.

Lakukanlah Kontak dan ikuti Kompetisi!

Kalau kamu ikut jejaring sosial tertentu yang memang khusus untuk kebutuhan profesional seperti LinkedIn, akan banyak tawaran yang diposting pada jejaring sosial tersebut. Nah, jangan sia-siakan kesempatan tersebut. Kamu bisa mengikutinya atau sekedar berusaha untuk menghubungi pemilik pekerjaan untuk menanyakan kemungkinan kamu melamar kerja.

Promosikan hasil karya kamu!

Bila kamu seorang penulis, maka rajin-rajinlah mempromosikan tulisan kamu lewat jejaring sosial. Atau mungkin kamu fotografer? Instagram mungkin akan menjadi jejaring sosial favorit kamu untuk mempromosikan hasil karya kamu. Dengan rajin mempromosikan hasil karya kamu, maka kamu akan meningkatkan reputasi kamu di dunia nyata. Hal ini akan lebih penting lagi bagi seorang pekerja freelance…  Kalau kamu pekerja freelance, maka popularitas adalah salah satu cara kamu untuk mendapatkan job!

Promosikan diri kamu!

Promosikan diri kamu sendiri dan keterampilan kamu. LinkedIn memang jejaring sosial yang cocok untuk melakukan hal ini. Meskipun demikian, mempromosikan diri di Facebook juga akan menjadi nilai plus buat kamu. Pastikan orang-orang bisa memeriksa profil Facebook kamu dengan mengklik About, karena terkadang ada beberapa orang yang hobi menyembunyikan profilnya. Bila kamu ingin meningkatkan kredibilitas kamu, jangan ragu untuk mempromosikan siapa diri kamu lewat jejaring sosial!

Tetaplah berhubungan dengan rekan kerja kamu

Jejaring sosial adalah salah satu sarana yang efektif untuk tetap berhubungan dengan rekan kerja kamu. Rata-rata sekarang setiap orang memiliki akun jejaring sosial. Kamu tidak bisa mengerjakan segala sesuatu sendiri. Maka dengan menjaga hubungan rekan kerja, kamu bisa meminta tolong bila ada sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan. Mungkin kamu akan datang terlambat ke kantor, atau kesulitan pada proyek tertentu.

Bila kamu belum bekerja, jagalah hubungan dengan alumni atau teman kuliah kamu. Siapa tahu akan ada informasi penting mengenai pekerjaan yang mereka post-kan dan sesuai dengan kriteria kamu, atau bahkan kamu akan ditawari secara langsung!

Nah, jadi stereotip jejaring sosial sebagai hal yang menghambat produktivitas tidaklah sepenuhnya benar. Keberadaan jejaring sosial bisa kok dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang produktif. Apalagi bila kamu mengamalkan tips-tips tersebut!
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s