Trusted Contact


Fitur Baru Facebook: Tambahkan Kontak Terpercaya untuk Mengamankan Akun Kamu!

Untuk mempertahankan posisinya sebagai jejaring sosial terlaris dan terpopuler di dunia, Facebook tak henti-henti berinovasi. Kali ini Facebook memberikan respon cerdas menanggapi fenomena hack akun yang sedang ngetren di jejaring sosial ini. Gosip yang menghangat bahkan menyatakan bahwa ribuan akun Facebook telah dihack oleh para hacker untuk dimanfaatkan.

Sebelum ini, Facebook sudah melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan keamanannya. Akan tetapi masalah masih timbul yaitu ketika akun kamu diambil alih seseorang. Pemecahannya yang termudah biasanya adalah me-report as spam akun tersebut, lalu bikin akun baru. Nah, sekarang kamu bisa lebih mudah mengambil alih kembali akun kamu yang telah dihack dan dikompromikan. Facebook memberikan solusi berupa fitur baru Trusted Contact atau kontak terpercaya

Bagaimana cara kerjanya? Jadi Facebook mengizinkan kamu memasukkan minimal 3 nama, maksimal 3 nama orang yang dapat memberikan konfirmasinya untuk mengambil alih akun kamu apabila ternyata akun kamu disalahgunakan oleh orang lain. Bila teman terpercaya ini telah memberikan konfirmasinya, maka Facebook akan mengirimkan kode aktivasi dan password untuk akun kamu kepada teman-teman terpercaya ini.

Bagaimana menggunakannya?

Pertama-tama, kunjungi tautan ini:
https://www.facebook.com/settings?tab=security&section=trusted_friends&view

Kamu akan mendapatkan kolom baru, yaitu Trusted Contacts. Disini kamu bisa menambahkan kontak terpercaya dengan mengklik “Choose Trusted Contacts”.

Kamu akan diberikan informasi singkat mengenai pentingnya Trusted Contact. Klik tombol Choose Trusted Contacts untuk menambahkan kontak terpercaya kamu.

Kamu akan diminta memasukkan, minimal tiga teman terpercaya kamu untuk memastikan bahwa akun ini adalah benar-benar akun milik kamu ketika terjadi sesuatu yang tak diharapkan. Misalnya akun kamu dihack atau digunakan orang lain.

Setelah menambahkan Trusted Friends, bila terjadi sesuatu pada akun kamu, maka kamu bisa berusaha untuk mengambil ulang akun kamu. Facebook akan meminta konfirmasi dari teman-teman terpercaya kamu yang ada di daftar tersebut. Bila semuanya memberikan konfirmasi bahwa akun tersebut telah disalahgunakan oleh orang lain, maka Facebook akan mengirimkan kode rahasia ke ketiga orang teman kamu untuk mengambil alih dan membuka kembali akun kamu.

Tips ini cukup praktis daripada kamu harus merelakan begitu saja akun kamu jatuh ke tangan orang lain yang tak bertanggungjawab. Kuatirnya, mereka nanti melakukan sesuatu dengan akun kamu. Misalnya menghubungi teman-teman kamu untuk meminta uang. Ini sangat berbahaya! Oleh karena itu, manfaatkan fitur baru ini sebaik mungkin ! Daftarkan segera teman-teman kamu sebagai “Teman Terpercaya”!
Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s