Fitur Baru di Gmail Inbox, Gmail Tabs!


Wah, perusahaan incaran kamu mengirimkan email berisi persyaratan dan kelengkapan wawancara untuk perusahaan mereka! Asyik! Segera buka akun mail kamu untuk mengetahui selengkapnya berita gembira tersebut. Ups. Kenapa Inbox penuh sekali? Ada notifikasi Twitter, Facebook, Linkedin, Reddit, Imageshack, Minus, Google Plus Aaaaarrrrrrrgh! Ternyata surat dari perusahaan tersebut terkubur jauh di bawah email-email jejaring sosial yang gak penting!!!

Familiar dengan situasi tersebut? Atau kamu mungkin mengalaminya sendiri? Seringkali email penting kita terdorong ke halaman berikutnya gara-gara notifikasi tanpa henti dari jejaring sosial yang kebetulan menggunakan email kita. Tapi bila kamu adalah pengguna Gmail, masalah tersebut kini telah teratasi karena Gmail memiliki fitur baru yaitu Gmail Tabs atau New Inbox

Apa hebatnya fitur ini? Mirip dengan folder spam pada Yahoo Mail, Gmail memberikan tiga kategori pengelompokan, yaitu Primary, Social, dan Promotion, sehingga kamu bisa mengelompokkan notifikasi jejaring sosial kamu ke Social, sementara jenis email spam dan penawaran dagang yang tidak jelas, bisa kamu masukkan ke tab promotion.

Tentu saja kamu hanya perlu berlelah-lelah beberapa kali untuk mengajari Gmail memisahkan email kamu. Karena setelah beberapa kali pemakaian, secara otomatis Gmail akan memilih email kamu berdasarkan kecenderungan kamu melakukan pengelompokan (Sekali lagi: mirip dengan sistem folder spam pada Yahoo)

Bagaimana mengaktifkan fitur Inbox terbaru ini?

Gampang! Lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Buka akun Gmail kamu.

2. Klik pada Setting atau ikon gir di bagian kanan halaman email.

3. Pilih Configure Inbox atau Konfigurasi Inbox dalam Bahasa Indonesia

4. Kamu akan diberikan pilihan untuk mengaktifkan Tab. Klik Save setelah melakukan pengaturan akan tab apa yang kamu minta.

5. Refresh browser kamu, maka kamu akan mendapatkan email dari Tim Gmail pertanda sistem Inbox baru kamu telah aktif.

Setelah Tab yang kamu inginkan aktif, kelompokkan surat-surat kamu dengan cara mencentang, lalu klik kanan dan pilih Move to Tab ke arah tab yang kamu inginkan.

Nanti setelah beberapa kali melakukan hal ini, Gmail akan paham surat mana yang ingin kamu masukkan Tab Primary, dan tipe surat apa yang harus masuk ke Social ataupun Promotions.

Sebagai pelengkap, Gmail juga sudah menampilkan inovasi baru Inbox Gmail ini ke Android versi 4.0 ke atas.

Fitur ini juga telah tersedia pada perangkat iPad dan iPhone yang menggunakan aplikasi Gmail.

Dengan adanya sistem Tabs pada Inbox ini, maka kamu akan dengan mudah mengelompokkan surat kamu dan membedakannya dengan notifikasi jejaring sosial. Cara ini akan memudahkan kamu bila ada surat penting yang masuk. Kamu tidak akan lagi kehilangan email berharga hanya karena email tersebut terdorong oleh aneka notifikasi kamu ke halaman berikutnya.

Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s