URL Shortener Terbaik untuk Memperpendek URL


Bayangkan jika kamu ingin berbagi URL yang sangat panjang di Twitter, Facebook, atau social media lainnya. Kurang cantik bukan? Setelah membahas 4 manfaat dari memperpendek URL, kali ini kami akan membagikan URL Shortener terbaik untuk memperpendek URL Shortener.

Bit.ly

Bagi kamu yang mengedepankan data tracking, maka Bit.ly adalah URL Shortener paling tepat untuk dipilih. Bit.ly merupakan URL Shortener terpopuler saat ini yang menyediakan berbagai informasi secara real-time tentang berapa kali link di klik, referrer, lokasi pengunjung yang nge-klik, hingga detail waktu kapan link tersebut di klik.

Selain itu Bit.ly juga mendukung custom domain yang tentu saja sangat bagus untuk branding. Misalkan saja dulu PG pernah menggunakan domain grts.in sebagai custom domain di Bit.ly (sekarang sudah tidak lagi digunakan).

Goo.gl

Bagi kamu yang mencari URL shortener terpercaya dan memiliki reliabilitas tinggi, Goog.gl adalah jawabannya. Kemampuannya tidak diragukan lagi mengingat URL shortener ini dibuat dan dikelola oleh Google.

Goo.gl juga menyediakan data statistik secara real-time setiap jam, harian, mingguan, bulanan, dsb. Tetapi sayangnya data ini bersifat publik sehingga bisa diakses oleh semua orang.

Tinyurl

Ini adalah salah satu URL shortener tua yang sudah ada sejak 2002 silam. Fiturnya memang fokus pada pemendekan URL saja tanpa ada tambahan tracking, statistik, dsb.

Tinyurl dilengkapi fitur custom URL sehingga kamu bisa menggunakan nama URL sesuai dengan keinginan. Namun karena Tinyurl memiliki banyak sekali pengguna, seringkali custom URL tertentu sudah tidak tersedia lagi karena sudah digunakan oleh orang lain.

Miniurl

Bagi kamu yang haus akan fitur, Miniurl menyediakan berbagai fitur tambahan di URL shortener mereka. Selain fitur custom URL, kamu juga bisa menambahkan password, masa berlaku URL, total serta maksimal klik yang diperbolehkan. Miniurl cocok bagi kamu yang ingin berbagi link yang bersifat rahasia.

Cli.gs

Cli.gs juga termasuk kedalam daftar 5 URL shortener terbaik. Pertama karena masih banyak custom URL yang tersedia dan bisa digunakan. Kedua karena data statistiknya yang lengkap mulai dari jumlah klik, referrer, negara asal pengunjung URL, hingga detail Bot yang mengunjungi URL tersebut.

McAf.ee

Pasti kamu sudah tidak asing dengan McAfee bukan? McAfee terkenal sebagai antivirus dan produk security yang jempolan. Bagi kamu yang mengedepankan security, URL shortener McA.ee adalah pilihan yang tepat. Saat link yang dipendekkan dengan McAf.ee dibuka, maka link tersebut akan langsung discan oleh McAfee. Hasil scan akan ditampilkan di bagian atas link yang dibuka tersebut.

Yourls.org

Tidak puas dengan hanya menggunakan layanan yang disediakan pihak lain? Buat saja layanan URL Shortener sendiri dengan Yourls. Yourls adalah script open source yang bisa kamu gunakan untuk membuat URL shortener sendiri. Namun tentu saja untuk menggunakannya kamu memerlukan hosting, domain, dan sedikit skill programming.

Itulah URL shortener terbaik untuk memperpendek URL. Bagi kamu yang memiliki URL shortener favorit lainnya, silahkan bagikan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Sumber : pusatgratis

One thought on “URL Shortener Terbaik untuk Memperpendek URL

  1. Ping-balik: 10 Tips Agar Status Facebook Kamu Jadi Jauh Lebih Menarik | HOME

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s