3 Alasan Kenapa Baterai KW Sangat Berbahaya untuk Laptop atau Smartphone


Apakah kamu sudah membaca artikel sebelumnya tentang waktu yang tepat untuk membeli baterai laptop atau smartphone? Jika kamu sudah membacanya dan kebetulan ingin membeli baterai untuk gadget kamu, tapi uang kamu mepet dan ingin membeli baterai KW sepertinya kamu harus memikirkan ulang kembali. Kadang-kadang baterai orisinil dari laptop atau smartphone memang mahal dan mungkin kamu kepikiran untuk membeli baterai KW yang harganya jauh murah dari harga baterai ori.

Artikel kali ini akan membahas tentang alasan kenapa baterai KW sangat berbahaya untuk laptop atau smartphone. Pasaran harga baterai ori memang sangat mahal dan kadang-kadang tidak wajar, tapi ketahuilah karena baterai ini dibuat berdasarkan pabrikannya jadi bisa dibilang sangat aman digunakan. Tetapi bila kamu menggunakan baterai KW, akan ada kemungkinan terjadinya kebakaran, meledak atau akan menyakiti diri kamu sendiri. Mari kita bahas lebih lanjut di beberapa alasan di bawah ini.

Banyak Cerita Mengerikan dari Pengguna Baterai KW

Pada saat tahun 2013, Samsung Galaxy S3 meledak di saku celanan seorang gadis 18 tahun, memberikan 3 tingkat luka bakar. Setelah diteliti, baterai yang digunakan bukanlah baterai original Galaxy S3, melainkan baterai KW dengan logo Samsung. Kejadian smartphone meledak bukanlah hal yang menajubkan lagi, masih banyak korban lain lagi yang tertimpa demgam musibah sama.

Jika kamu berencana ingin membeli baterai KW bahkan di toko elektronik yang kamu percaya, berpikirlah dua kali. Mungkin banyak teman kamu yang menggunakan baterai KW untuk gadget kamu dan semuanya lancar-lancar saja, tetapi itu tidak cukup menjamin baterai KW tersebut aman. Produsen baterai ori sudah menetapkan standart baterai yang tinggi, tetapi produsen baterai KW mendesain baterai serendah mungkin untuk membuat harganya menjadi murah.

Kenapa Baterai Bisa Meledak atau Terbakar?

Gadget modern biasanya menggunakan baterai Lithium ion (Li-ion). Jika baterai Li-ion yang kamu gunakan adalah baterai KW, maka ada resiko yang cukup besar bagi baterai tersebut untuk terbakar. Hal ini dikarenakan sebagian besar baterai KW dibuat dari baterai rusak atau tidak dibuat dengan cara yang benar. Baterai Li-ion KW berpotensi untuk meleleh dan menghasilkan panas yang menyeluruh. Ketika baterai cukup panas, umpan balik positif akan terjadi dan membuat baterai semakin panas, dan semakin panas sampai bisa-bisa meledak atau terbakar. Singkatnya baterai dapat meledak, terbakar, dan berasap karenakan arus pendek, panas yang berlebihan atau charging yang berlebihan.

Berbeda dengan baterai KW, baterai Li-ion original umumnya dilengkapi sistem keamanan dalam hal charging berlebihan, yang mencegah terjadinya pengisian terus menerus ketika baterai sudah penuh. Tetapi pada Baterai KW sistem ini mungkin tidak bekerja bekerja baik atau bahkan tidak ada sama sekali.

Masalah Lain

Bahkan jika baterai KW tidak meledak atau terbakar, baterai KW mungkin tidak bekerja dengan semestinya (seperti cepat habis sehingga kamu sering charging). Seperti kata pepatah, apa yang kamu dapatkan adalah yang kamu bayarkan.

Kesimpulan

Lupakanlah membeli baterai KW dan belilah baterai ori, baterai ori sangat aman kamu gunakan dan bergaransi jika terjadi kerusakan pada smartphone dan keselamatan kamu. Walaupun harganya lebih mahal, kamu akan mendapatkan keamanan dan ingatlah pepatah apa yang kamu dapatkan adalah yang kamu bayarkan. Jika kamu tidak cukup punya uang untuk membeli baterai ori, lebih baik kamu bertahan sedikit lama dan menabunglah untuk membeli baterai ori. Baterai ori selalu bisa kamu dapatkan di gerai resmi dari masing-masing merek smartphone atau laptop yang kamu gunakan.

Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s