Jangan Lakukan 7 Hal Ini Jika Ingin Gadget-mu Awet


Kini kita sangat sulit terlepas dari gadget kesayangan kita, entah itu laptop, smartphone, tablet, dsb. Namun meskipun kita menyayanginya, bukan tidak mungkin perlakuan kita ternyata malah membuatnya cepat rusak dan tidak awet.

Berikut ini adalah 7 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan jika ingin gadget-mu awet dan berumur panjang:

1. Menyalakan Laptop di Kasur, Sofa, atau Karpet

Ya..satu hal ini sering sekali dilakukan oleh pemilik laptop. Menyalakan laptop di kasur, sofa, atau karpet sambil menikmati film kesayangan ternyata sangat berbahaya! Permukaan alas yang lunak akan menutup ventilasi laptop dan menyebabkan terjadinya overheat. Hal ini bisa mengurangi umur baterai, hardware laptop, bahkan dalam kasus yang ekstrim bisa menyebabkan kebakaran.

2. Membawa Gadget tanpa Pelindung

Membawa laptop, tablet, atau gadget lainnya tanpa pelindung akan merusak layar dan permukaan gadget. Terlebih jika kamu membawanya di tas dengan buku, penggaris, atau bahkan cutter! Jika kamu masih sering melakukannya hingga saat ini, bertobatlah sebelum kamu menyesal.

3. Menekuk Kabel Charger atau Headset

Kabel charger atau headset jika terlalu sering ditekuk bisa putus. Oleh karena itu pastikan kabel charger tidak tertekuk-tekuk saat mengisi baterai gadget. Saat membawa charger atau headset jangan pula kabelnya ditekuk-tekuk terlalu pendek. Biarkan tekukannya agak panjang dan tidak bersudut.

4. Tidak Pernah Mematikan Laptop

Inilah kesalahan yang pernah “sumber” lakukan: tidak pernah mematikan laptop! Pagi sampai siang digunakan untuk kerja, siang dipakai untuk melihat film sambil istirahat, sore sampai malam dipakai lagi untuk kerja, malam sampai pagi digunakan untuk download. Kalaupun sedang tidak digunakan, laptop tidak di-shutdown tetapi di-sleep karena masih banyak tab browser dan kerjaan yang terbuka. Begitu seterusnya.

Apa yang akhirnya terjadi? Laptop jebol dalam waktu singkat. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, jangan lakukan hal yang seperti ini.

5. Membersihkan Gadget dengan Pembersih Rumah

Tidak jarang pemilik laptop, tablet, atau smartphone membersihkan layar gadget mereka dengan pembersih kaca, atau mungkin membersihkan casing gadget menggunakan pembersih wajah. No..jangan lakukan ini! Kandungan bahan kimia di pembersih tersebut bisa merusak permukaan layar dan casing gadget.

6. Mencabut USB Media Seenaknya

Biasanya terburu-buru menjadi alasan pengguna gadget sering melakukannya. Mencabut USB Flashdisk atau hardisk eksternal dengan seenaknya bisa merusak perangkat tersebut. Apalagi hardisk eksternal, jika dicabut saat masih ada proses read/write yang berlangsung, maka hardisk tersebut bisa bad sector bahkan rusak. Data yang ada di dalamnya juga bisa hilang. So..hati-hati ya! Pastikan kamu melakukan Safely Remove atau Eject terlebih dahulu sebelum mencabut perangkat tersebut dari komputer kamu.

7. Malas Melakukan Backup

Hal ini juga seringkali dilakukan oleh pengguna gadget: malas melakukan backup! Banyak yang tidak menyadari bahwa data digital di gadget sangatlah riskan untuk hilang. Gadget terjatuh bisa menyebabkan data hilang. Hardisk bad sector juga bisa menyebabkan data hilang. Oleh karena itu lakukan backup data penting sebelum kamu menyesal. Kamu bisa membackup di media penyimpanan offline maupun online (cloud).

Itulah 7 hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan agar gadget kesayanganmu awet, karena mencegah jauh lebih baik dari mengobati. Merawat gadget jauh lebih baik daripada menservisnya ketika rusakšŸ˜€

Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s