6 Hal yang Bisa Dilakukan Bluetooth Selain Mengirim File


Gadget sekarang sudah banyak dilengkapi dengan Bluetooth, contohnya saja seperti Laptop, Tablet, Smartphone, Headset, Mouse dan masih banyak lagi. Bluetooth sepertinya sudah menjadi standard yang harus dilengkapi di sebuah device. Dulu orang-orang menggunakan headset kabel ketika menerima telepon saat dijalan atau berkendara, tetapi sekarang itu kelihatan seperti mengganggu, orang-orang sekarang lebih senang dengan headset bluetooth. Terhubungnya device tanpa menggunakan kabel (wireless) memang terlihat lebih simpel.

Sebagian besar penggunaan Bluetooth sekarang digunakan untuk transfer data atau file dari smartphone ke smartphone. Tapi apakah bluetooth hanya bisa melakukan itu? Tidak adakah kegunaan lain?

Berikut ini kegunaan lain yang bisa dilakukan Bluetooth.

Transfer File dari Smartphone dan Laptop

Kamu dapat melakukan pair dari smartphone atau tablet untuk terhubung dengan laptop. Jika kamu tidak memiliki kabel data, ini akan sangat bermanfaat. Kamu hanya perlu menyalakan bluetooth di laptop dan smartphone atau tablet kamu, kemudian kirimkan file yang kamu inginkan. Tetapi transfer filepun terbatasi, jika kamu ingin mengirimkan file yang berukuran besar, bluetooth tidak bisa melakukannya.

Selain dari smartphone ke laptop, transfer data bluetooth juga berguna dari satu laptop ke laptop lain. Bila kamu tidak membawa flashdisk dan ingin mengirim sebuah dokumen yang berukuran tidak terlalu besar, bluetooth bisa menjadi salah satu solusinya.

Tethering dari Smartphone ke Komputer

Tethering digunakan untuk berbagi koneksi jaringan internet dengan device lainnya. Ketika smartphone melakukan Tethering dengan komputer maka komputer akan mengambil andil dari jaringan smartphone, sehingga komputer bisa terhubung dengan internet. Tethering bisa dilakukan melalui USB, Wi-Fi atau Bluetooth, dengan menggunakan bluetooth penggunaan baterai akan lebih hemat dibandingkan Wi-Fi.

Terhubung dengan Device Pheriperal Wireless

Selain digunakan untuk transfer data, bluetooth juga biasanya digunakan untuk terhubung dengan device pheriperal wireless. Berikut ini beberapa pheriperal wireless yang terhubung dengan laptop, komputer atau smartphone.

Headset: Seperti yang sudah dibahas diatas, headset bluetooth sekarang sudah menjadi populer. Pair smartphone kamu dengan Bluetooth, maka kamu dapat mendengarkan musik, video atau menelpon.

Speaker: Headset bukanlah satu-satunya audio device dari device pheriperal wireless yang dapat terhubung dengan adanya bluetooth. Speaker sekarang juga ada yang terhubung dengan smartphone, tablet atau laptop dengan menggunakan bluetooth.

Mouse: Mouse bluetooth bukanlah hal yang asing lagi bagi kamu, banyak pengguna laptop atau komputer lebih suka menggunakan mouse bluetooth. Mungkin dikarenakan lebih praktis dan tidak terganggu dengan adanya kabel.

Keyboard: Sama seperti Mouse, keyboard juga ada yang terhubung dengan komputer melalui bluetooth.

Gamepads: Gamepads bluetooth tidak hanya bisa kamu gunakan dikomputer saja, tetapi kamu juga bisa menggunakannya di smartphone atau tablet. Nitendo dan PS 3 menggunakan bluetooth pada gamepad untuk mengubungkannya dengan konsole.

Printer: Ada juga printer bluetooht, tapi mungkin ini jarang kamu temui. Indonesia masih banyak menggunakan printer kabel.

Device Bluetooth untuk Komputer

Untuk komputer yang tidak memiliki bluetooth, kamu bisa menambahkannya sendiri dengan membeli pheriperal bluetooth. Setelah itu install driver bluetooth di komputer kamu dan tancapkan bluetooth, sekarang komputer kamu sudah memiliki bluetooth.

Chating

Beberapa aplikasi smartphone bisa digunakan untuk chating melalui bluetooth, ini adalah teknologi lama. Jika biasanya dari dekat kamu SMS, kamu bisa menggunakan bluetooth dan tambahan aplikasi untuk bisa chat daripada SMS. Beberapa aplikasi Android yang bisa kamu gunakan untuk chat adalah SuperBlue Free Bluetooth Chat, Bluetooth Chat dan Blue Chat.

Bermain Game

Selain digunakan untuk Chat, ternyata bluetooth juga bisa digunakan untuk bermain game secara multiplayer. Tetapi jarang aplikasi game yang mendukung mode multiplayer dengan menggunakan bluetooth. Beberapa aplikasi game Android multiplayer yang mendukung bluetooth adalah Brothers In Arms® 2 Free+, Come on Baby dan Worms 2: Armageddon.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bluetooth, mungkin dibeberapa diantaranya kamu sudah tahu. Jika kamu memiliki salah satu tips atau trik bluetooth yang tidak ada dalam daftar diatas, kamu bisa berbagi dengan lainnya melalui kolom komentar.

Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s