5 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Mendaur Ulang Barang Elektronik Lama


Saya memiliki beberapa barang elektronik lawas yang udah gak berfungsi dan sedikit masih berfungsi yang posisinya udah lengser, digantikan sama barang elekronik yang baru. Bahkan mungkin kamu juga memiliki beberapa barang elekronik lama yang tidak digunakan. Mungkin kamu hanya menggunakannya sebagai pajangan, tempat untuk menaruh barang, atau hanya terdiam di ruangan yang pengap, gelap dan berdebu. Tidakkah kamu berpikir kalau kamu bisa memanfaatkannya menjadi barang berharga dan bernilai?

Elektronik termasuk barang yang dapat didaur ulang tapi memerlukan waktu yang sangat lama, beberapa diantaranya mengandung kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Jika kamu tidak berhati-hati ketika menyingkirkan barang elektronik lama kamu, bisa jadi itu mencemari lingkungan. Berbeda dengan barang elektronik modern yang memungkinkan untuk didaur ulang dan digunakan untuk komponen di barang elektronik baru.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan barang elektronik lama kamu.

Gunakan Lagi Barang atau Bagian Elektronik Tersebut

Tips pertama untuk kamu adalah gunakan lagi barang itu atau bagian tertentu barang itu tersebut. Misalkan saja kamu memiliki komputer dengan tipe lama dengan spesifikasi yang kalah jauh dari komputer sekarang, kamu bisa menggunakannya lagi yang diinstall dengan sistem operasi Linux.

Jika kamu memiliki laptop yang sudah tidak bisa digunakan alias matot, kamu bisa menggunakan bagian-bagian elektronik tersebut. Misalkan saja kamu masih bisa menggunakan Power Supply Adaptornya untuk laptop lain. Pilihlah bagian-bagian yang masih berfungsi pada laptop tersebut.

Daur Ulang Sendiri

Jika kamu memiliki imajinasi yang tinggi dan penuh pemikiran yang kreatif, mungkin kamu bisa mendaur ulang sendiri barang elektronik lama yang kamu miliki. Contohnya saja kamu bisa menggunakan monitor cembung lama tersebut untuk aquarium atau rumah hamster. Atau jika kamu memiliki cassing PC, kamu bisa menggunakannya untuk menanam tanaman. Banyak hal yang bisa kamu gunakan dari barang elektronik lama kamu.

Hadiahkan Elektronik Lama ke Teman atau Orang Asing

Apakah kamu benar-benar sudah kehabisan ide untuk barang elektronik lama kamu? Mungkin kamu seharusnya sudah merelakannya dan memberikannya kepada teman, kerabat atau orang asing. Di tangan mereka barang elektronik tersebut mungkin akan menjadi alat yang sangat berguna.

Gunakan untuk Amal

Kalau teman atau kerabat kamu tidak ada yang membutuhkan barang elektronik lama kamu, kamu bisa mengamalkannya ke orang yang membutuhkannya (panti asuhan, panti jompo atau tempat rehabilitasi). Tidak hanya membuat barang lama kamu berguna tetapi kamu juga mendapatkan pahala.

Jual Gadget Lama Kamu

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dari barang elektronik lama kamu, kamu bisa menjualnya. Bisa jadi barang elektronik lama yang kamu jual termasuk langkah dan dicari oleh kolektor barang antik. Kamu bisa menjualnya di forum, facebook, twitter atau di situs iklan baris.

Oke. Itu adalah 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk mendaur ulang barang elektronik lama kamu. Mungkin diantara kamu ada yang mau nambahin? Jika kamu punya, tulis aja di kolom komentar nanti kami tambahin ke dalam list diatas.

Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s