5 Tips Agar Lebih Produktif Saat Bekerja di Cafe Hotspot


Harus kita akui bahwa jaman sudah berubah. Kini ada banyak sekali profesi yang bisa kita kerjakan di luar kantor.Sebagai blogger saya sering sekali mengerjakan berbagai hal di cafe hotspot. Bahkan saat ini saya menulis artikel ini dari cafe hotspot. Lalu bagaimana cara agar kita bisa lebih produktif saat bekerja di cafe hotspot?

Posisi Menentukan Prestasi

Masih ingat dengan jargon ini? Biasanya ketika ujian sekolah setiap siswa berebut mencari posisi terbaik hingga muncul jargon ini. Saat bekerja di cafe hotspot-pun juga demikian. Posisi kamu menentukan produktivitas kamu saat bekerja.

Apakah posisi kamu duduk terlalu dekat dengan pintu? terlalu jauh dari toilet? terlalu ramai dan berisik? atau bahkan tepat dibawah AC dan kipas yang bikin masuk angin?

Carilah posisi senyaman mungkin.

Tempat yang nyaman akan membuat kamu lebih produktif. Plus, jangan lupa membawa jaket atau tas yang bisa kamu letakkan di meja sebagai tanda bahwa meja tersebut sudah kamu booking. Ketika kamu harus pergi keluar cafe atau ke toilet, letakkan jaket kamu di meja agar tidak ditempati orang lain.

Ingat, posisi kamu menentukan prestasi dan produktivitas kamu saat bekerja.

Full Power

Pastikan kamu tidak kehabisan power saat bekerja. Carilah tempat yang dekat dengan sumber listrik, kalaupun tempat nyaman yang kamu pilih jauh dari sumber listrik tidak ada salahnya menyiapkan kabel roll dari rumah. Yang penting jangan biarkan perkerjaan kamu harus terhenti karena baterai laptop yang tiba-tiba habis.

Carilah Cafe dengan Wi-Fi Turbo

Wi-Fi yang disediakan di cafe hotspot bervariasi. Ada yang cepat dan ada yang lambat, ada yang stabil dan ada yang sering putus. Dalam memilih cafe hotspot carilah cafe yang memiliki koneksi Wi-Fi turbo, yaitu cepat dan stabil.

Koneksi Wi-Fi yang lambat dan putus-putus seringkali menjadi penghambat utama produktivitas. Bahkan jika terus terjadi kita bakal jadi emosi dan mempengaruhi kualitas pekerjaan kita.

Solusi alternatif lainnya adalah dengan membawa sendiri modem USB dan menggunakan paket internet kita sendiri.

Bawalah Headset

Bekerja di cafe hotspot berarti harus siap dengan berbagai keributan didalamnya. Ada banyak percakapan, remaja yang sedang rame bercanda, dan keributan lain yang mungkin bakal mengganggu konsentrasi kamu dalam bekerja. Untuk itu siapkan headset dan mulailah bekerja dengan mendengarkan lagu kesukaan kamu. Beberapa cafe juga sudah banyak yang menyediakan lagu-lagu sehingga suara percakapan orang lain bisa dikurangi.

Tetapi jika kamu adalah tipe orang yang lebih suka bekerja di tempat hening, bawalah penutup telinga atau carilah cafe hotspot yang suasananya tenang.

Tetaplah Aman

Keamanan menjadi hal yang penting ketika kamu bekerja di cafe hotspot. Upayakan kamu melakukan pekerjaan yang tidak ada hubungannya dengan keuangan. Di tempat umum, saya selalu mengerjakan hal yang berhubungan dengan tulisan. Entah itu menulis artikel, membuat tutorial, dsb. Tetapi untuk urusan yang berhubungan dengan e-banking, pembayaran, server, dsb selalu dilakukan di rumah.

Kenapa? Karena public network bisa dimata-matai.

Pastikan juga kamu terhubung dengan Wi-Fi yang disediakan oleh cafe tersebut. Percaya atau tidak, ada beberapa pengguna yang membuat Wi-Fi network palsu agar kamu terhubung ke network tersebut. Hati-hati jangan sampai tertipu.

Jika memang diperlukan kamu bisa menggunakan akses VPN. Tetapi hal ini sangat opsional, kuncinya hanyalah mampu memilah dan memisahkan mana pekerjaan yang bisa kamu lakukan di tempat umum dan mana yang tidak.

Itulah 5 tips agar kamu bisa lebih produktif saat bekerja di cafe hotspot. Hal ini tidak hanya berlaku untuk cafe hotspot saja, tetapi juga tempat umum lainnya.

Stay safe..stay productive!

Sumber : pusatgratis

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s