4 Situs Untuk Belajar Ilmu Dasar Membuat Game


situs-untuk-membuat-game_01

Jika kamu tengah belajar membuat game dan mencari-cari sumber untuk belajar dasar pemrograman game, mungkin di masa kini sudah banyak tutorial beredar lewat Internet. Sebelumnya kamu akan sulit untuk menemukan sumber membuat game di Internet. Apalagi sejak semua orang mengenal Google Search yang memungkinkan kamu untuk mencari dan belajar membuat game sendiri yang membuat pertumbuhan game sekarang semakin pesat. Kalau kamu sudah mencari-cari sumber untuk membuat game dan pemrograman game tetapi tidak tahu harus memulai dari mana, berikut ini beberapa sumber yang bisa kamu pelajari.

Di dunia pemrograman game, mereka mengatakan jika kamu sudah mempelajari satu bahasa pemrograman maka bahasa pemrograman lain dapat kamu mengerti dengan mudah. Yang sulit nantinya adalah merealiasasikan imajinasi kamu dengan bahasa pemrograman game tersebut. Karena itulah kamu harus menemukan tutorial terbaik untuk membuat sebuah game.

Game Development di Tuts+

situs-untuk-membuat-game_02

Pernahkah kamu mendengar tuts+? Situs ini menyediakan berbagai tutorial dari yang dasar hingga expert di bidang apapun termasuk game. Disini berisi banyak artikel yang bisa kamu pelajari untuk membuat game terutama untuk pemula, contohnya seperti tutorial untuk membuat project baru, merencanakan dan mengatur, mengimplementasikan kode, mengatur game dan membuat game sampai selesai dan bersiap untuk program baru. Sayangnya Tuts+ terbilang sulit ketika kamu mencari artikelnya, tetapi situs yang satu ini disarankan kamu perlu membaca situs ini. Tambahan lagi, jika kamu ingin menjadi member tuts+, nih ada cara menjadi member tuts+ selama satu tahun gratis.

Tutorial Lazy Foo

Jika kamu sedang mencari tutorial tentang pembuatan game menggunakan SDL dan OpenGL, masing-masing memberikan informasi mengenai graphic library yang cross platform dan grafik 2D dan 3D. Tutorial yang diberikan baik dan mudah di mengerti dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ sebagai media pemrograman pembuatan game.

situs-untuk-membuat-game_03

Untuk memulai belajar pembuatan di Lazy Foo, kamu dapat membuka artikel dasar kemudian kamu bisa melanjutkannya dengan artikel tutorial SDL dan terakhir artikel tutorial OpenGL. Kenapa kamu harus mempelajari SLD yang lebih condong ke grafik 2D? Karena SDL jarang menggunakan pengetahuan matematik yang nantinya akan digunakan pada OpenFL yang grafiknya 3D. Setelah kamu menguasahi SDL maka kamu akan dengan cepat menguasahi OpenGL.

Tutorials Aaron Cox

situs-untuk-membuat-game_04

Kalau kamu fokus ke game 2D kamu bisa belajar di Tutorial Aaron Cox yang menyediakan tutorial pembuatan game. Tidak pada seperti Tutorial Lazy Foo, disini kamu akan mendapatkan tutorial grafik library SDL. Lalu apa bedanya dengan Laxy Foo? Disini kamu akan mendapatkan tutorial SDL berbasiskan game arcade, seperti Tetris, Ping Pong dan Breakout.

GameDev

situs-untuk-membuat-game_05

Terakhir ada GameDev, sebuah forum dan komunitas yang membahas masalah pembuatan game dan perkumpulan dari para developer game. Ada berbagai artikel untuk pemula, menengah, dan ahli yang akan kamu temukan disini. Tetapi keuntungan lain yang kamu dapatkan dari sini adalah, kamu dapat mengetahui bagaimana cara membuat game dari awal, bertanya jika kamu pemula, menemukan solusi dari masalah kamu, dan selain itu kamu juga bisa berbisnis disini.

Sumber : pusatgratis

Tinggalkan komentar